Cari Dokter
Hasil Tes Kesehatan Bacaleg Diserahkan Secara Kolektif Melalui Parpol

Hasil Tes Kesehatan Bacaleg Diserahkan Secara Kolektif Melalui Parpol

KAJEN – Untuk mempermudah dalam mendistribusikan hasil tes kesehatan baik fisik maupun rohani dari bakal calon legislatif yang melakukan tes kesehatan di RSUD Kajen akan diserahkan serahkan secara kolektif melalui partai politik masing-masing.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medis pada RSUD Kajen dr Imam Prasetiyo. Menurutnya, langkah demikian sengaja diambil untuk mempermudah penyerahan hasil tes kesehatan dari bakal calon legislatif yang melakukan tes kesehatan di RSUD Kajen. Dengan begitu, hasil tes kesehatan tidak diserahkan satu per satu, tapi secara kolektif.

Kemudian, alasan lain selain keterbatasan SDM dalam pelayanan tes kesehatan kejiwaan dari para bakal calon legislatif yang hanya sampai pada 7 Juli 2018, padahal sesusi jadwal dari KPU sampai 14 Juli 2018, hal demikian mempertimbangkan, apabila nanti dalam penulisan nama dan gelar dari masing-masing bakal calon legislatif terjadi kesalahan ada waktu untuk perbaikkan.

“Dari sisi bakal calon legislatif sendiri kosentrasinya tidak terganggu apabila terdapat waktu untuk masa perbaikkan. Apabila pelayanan tetap diberlakukan pada 14 Juli 2018 dikhawatirkan nanti bisa mengganggu dari para bakal calon legislatif. Untuk itu, kami juga berkoordinasi dengan RSUD Kraton berkaitan dengan keterbatasan SDM terutama dokter spesialis kejiawaan yang jumlah hanya satu orang di RSUD Kajen,” paparnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, akibat terkendala sumber daya manusia dalam melayani para calon anggota legislatif yang hendak melakukan tes kesehatan rohani di RSUD Kajen, rumah sakit tersebut hanya membuka pelayanan selama empat hari yaitu sejak 4-7 Juli 2018. Namun, untuk tes kesehatan fisik tetap dibuka sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU yaitu pada 14 Juli.

“Kami terkendala untuk melayani tes para Caleg karena dokter spesialis jiwa hanya ada satu, maka dari itu untuk tes kejiwaan akan dibuka sampai tanggal Sabtu (7/7) mendatang. Namun untuk tes kesehatan akan tetap dibuka sampai 14 Juli,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medis RSUD Kajen, Imam Prasetiyo.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada sekitar 120 Caleg yang sudah menjalani tes kesehatan. Bahkan ada yang melakukan tes kesehatan sebelum pendaftaran dibuka. “Dalam tes ada dua orang yang harus menjalani tes lanjutan karena perlu dilakukan validasi ulang, dalam tes kejiwaan, selain itu ada 4 orang yang gagal dalam tes rekam jantung,” paparnya.

Disebutkan masih ada sekitar 400 an Caleg karena total keseluruhan ada sekitar 600 orang. Pihaknya memprediksi para Caleg akan berbondong-bondong ke RSUD Kajen Jumat-Sabtu mendatang. “Biasa para Caleg akan berbondong-bondong melakukan tes sebelum batas pemdaftaran yang ditetapkan KPU,” kata Imam.

Untuk mengantisipasi membludaknya pendaftaran pihaknya telah melakukan koordinasi bersama RSUD Kraton untuk melaksanaka tes kesehatan. “Para Caleg juga bisa melakukan tes kesehatan di RSUD Kraton, dan di RSUD tersebut dokter spesialis jiwa tetap siaga. Aturan dari KPU memperbolehkan para Caleg melakukan tes kesehatan di rumah sakit, Puskesmas dan dokter pemerintah,” terangnya. (Tim)

0 Komentar