Puluhan Siswa SD Ikuti Wisata Di RSUD Kajen

Puluhan Siswa SD Ikuti Wisata Di RSUD Kajen

Puluhan siswa Sekolah Dasar dari SD Karangsari I, Kecamatan Karanganyar dan SD Islam Terpadu Insan Mulia Kajen, mengikuti wisata di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kajen, Senin (25/8). Wisata rumah sakit diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-392 Kabupaten Pekalongan dan Hari Ulang Tahun ke-9 RSUD Kajen yang sama-sama jatuh pada tanggal 25 Agustus.

Dalam wisata rumah sakit tersebut, para siswa diberi kesempatan untuk meninjau setiap ruangan di rumah sakit, tak terkecuali ruang operasi. Sebelumnya, para siswa juga diajari untuk melakukan hand hygiene (mencuci tangan) oleh para dokter rumah sakit tersebut. ?Hand hygiene dapat mengurangi angka kesakitan diare, karena mencuci tangan dengan sabun bisa mematikan 90% kuman. Oleh karena itu, kami berharap, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun bisa diterapkan di sekolah,? tutur dr. Hasyim Purwadi, salah satu dokter RSUD Kajen.

Sebelumnya, Direktur RSUD Kajen, dr. Dwi Arie Gunawan, SpB, saat menerima kunjungan anak-anak SD tersebut dalam kegiatan Open House Wisata Rumah Sakit pagi itu berharap kegiatan bisa memberikan pengetahuan dan wawasan pada anak-anak tentang rumah sakit sebagai rumah bagi orang yang akan disehatkan, bukan rumah untuk orang sakit. ?Harapannya, anak-anak bisa termotivasi untuk menjadi dokter spesialis yang handal yang nantinya juga bisa bertugas di RSUD Kajen,? tutur Dwi Arie Gunawan. Dikatakan, saat ini, RSUD Kajen masih membutuhkan banyak dokter spesialis.

Wisata rumah sakit dijadwalkan hingga sepekan, yakni hingga Sabtu (30/8). ?Dari publikasi yang kami sebarkan sebelumnya, animo masyarakat sangat tinggi dengan kegiatan ini. Namun, karena khawatir mengganggu pelayanan, jumlah peserta wisata rumah sakit kami batasi 60 orang per hari. Kami sudah jadwalkan kegiatan ini yang diikuti oleh antara lain dari unsur akademisi, LSM, professional, dan perkumpulan Ibu-ibu pengajian,? terang Dwi Arie.

Kegiatan wisata rumah sakit sudah digelar salah satu rumah sakit milik Pemkab Pekalongan itu dalam dua tahun terakhir ini atau sejak rumah sakit menjadi Badan Layanan Umum (BLU) 201 3 lalu. Pada tahun 2014 ini, RSUD Kajen memiliki moto ?Bangkit dan Hebat dengan Teknologi Terbaru untuk melayani masyarakat miskin dan tidak mampu?. ?Oleh karena itu, kami berharap agar bisa disebarluaskan, RSUD Kajen sebagai rumah sakit kebanggaan masyarakat Kabupaten Pekalongan yang sudah mampu melayani setara dengan rumah sakit yang ada di Kota Pekalongan,? ungkap Direktur Dwi Arie Gunawan.

Untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan kepada pasien anak-anak, pihak RSUD Kajen menyewa beberapa badut untuk membagi-bagikan balon dan boneka kepada pasien di poliklinik anak hari itu. Suasana di rumah sakit itu pun terlihat meriah saat itu. Selain menggelar wisata rumah sakit, dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Pekalongan dan HUT RSUD Kajen, rumah sakit tersebut juga memberikan layanan pendaftaran gratis untuk pemeriksaan di Poliklinik Umum selama sehari.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-392 Kabupaten Pekalongan, RSUD Kraton, yang juga merupakan rumah sakit milik Pemkab Pekalongan, hari itu juga memberikan pelayanan gratis kepada pasien dalam pendaftaran dan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker payudara, pemeriksaan kaki diabetes mellitus, serta pemeriksaan gula darah sewaktu. Kegiatan juga mendapatkan animo masyarakat yang sangat tinggi. *(Lilik)

0 Komentar