Cari Dokter
RSUD Kajen dan Puskesmas Kajen I Edukasi Kepada Lansia Soal Bahaya Diabetes Melitus

RSUD Kajen dan Puskesmas Kajen I Edukasi Kepada Lansia Soal Bahaya Diabetes Melitus

KAJEN – RSUD Kajen bekerja sama dengan Puskesmas Kajen I melakukan pembinaan kepada masyarakat kaitannya dengan permasalahan kesehatan. Kali ini yang menjadi sasaran adalah Komunitas Masyarakat Prolanis dalam program pembinaan Komunitas Lansia.

Pada pelaksanaan program tersebut, narasumber yang dihadirkan adalah dr Hasyim Purwadi, M.Kes yang sehari-harinya berdinas di RSUD Kajen. Dokter yang setiap harinya mengenakan kacamata tersebut mengisi materi tentang bahaya penyakit diabates. Para peserta juga diajak mempraktikkan senam prolaris.

Perlu diketahui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sebuah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Penyakit kronis yang dimaksud adalah diabetes melitus tipe dua (2) dan hipertensi.

Prolanis ini merupakan kelanjutan dari skrining kesehatan. Jika hasil skrining riwayat kesehatan mengindikasikan peserta memiliki faktor resiko diabetes melitus tipe 2 atau hipertensi, peserta dapat turut serta dalam Prolanis.(Tim)

0 Komentar