Cari Dokter
Tips melakukan olahraga untuk jantung

Tips melakukan olahraga untuk jantung

American Heart Association menyarakankan Anda untuk berolahraga sebanyak mungkin dalam seminggu. Semakin banyak Anda berolahraga, semakin baik pula hasilnya dan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Jika Anda termasuk yang baru ingin mulai berolahraga, mulailah secara bertahap dengan meningkatkan waktu dan berat olahraganya. Ceklah setiap sekian menit apakah Anda masih sanggup berbicara atau bernapas lancar selama berolahraga. Jika tidak bisa, ini artinya Anda berolahraga terlalu intens. Ada baiknya kurangi sedikit.

Berikut merupakan tips olahraga untuk kesehatan jantung:

  • Pastikan untuk menyeimbangkan olahraga dan istirahat cukup
  • Hindari olahraga seperti push up dan sit up. Olahraga tersebut dapat menyiksa otot satu dengan yang lainnya.
  • Jangan berolahraga di luar ketika udara terlalu dingin, panas, atau lembap. Udara yang lembap dapat membuat Anda lelah dengan cepat. Suhu ekstrem dapat berpengaruh pada sirkulasi darah, sesak saat bernapas, dan nyeri pada dada. Lebih baik coba aktivitas dalam ruang seperti berjalan-jalan di mal.
  • Minum cukup air agar Anda terhidrasi dengan baik. Ikuti petunjuk dokter Anda tentang berapa banyak cairan yang dapat Anda konsumsi setiap hari.
  • Hindari mandi dengan air terlalu panas atau dingin, atau sauna. Suhu ekstrem dapat memperberat kerja jantung.
  • Jangan berolahraga di daerah perbukitan yang bergelombang kecuali Anda telah berkonsultasi dengan dokter Anda. Jika perlu untuk berjalan di lereng curam, lakukan secara perlahan ketika mendaki naik untuk menghindari kerja yang terlalu keras.

Jika olahraga Anda tertunda selama lebih dari beberapa hari (seperti karena sakit, liburan, atau cuaca buruk), mulailah dari awal lagi.

Sumber Link Artikel : https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/olahraga-untuk-jantung-yang-sehat/

0 Komentar